Jumat, 06 Juni 2008

Artikel Pengembangan Organisasi

Disusun oleh: Wasilah (FIB006079)
Pemimpin memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam proses perubahan organisasi, karena pemimpin yang akan menentukan kearah mana organisasi beserta orang orangnya akan bergerak. seorang pemimpin juga harus memiliki kelebihan kelebihan, kecerdaan, intuisi, pengetahuan, dan ketajaman serta mampu membedakan mana informasi yang benar dan informasi yang salah.
proses perubahan organisasi juga dipengaruhi oleh berbagai faktor,antara lain:
1. tantangan utama di masa depan :seiring dengan perubahan iptek yang semakin pesat maka semua organisasi akan melakukan perubahan kearah yang lebih baik. yang artinya organisasi yang semakin tinggi tingkat efektifitasnya dalam upaya organisasi bersangkutan mencapai tujuan dan berbagai sasaranya, bagaimanapun bentuknya dan apapun strateginya dan dalam bidang apapun ia bergerak tidak peduli besaranny.
2.tingkat pendidikan para pekerja: konfigurasi ketenagakerjaan menuntut kesiapan dan kesediaan menejerial melakukan perubahan, bukan hanya dalam bentuk berbagai kebijakan MSDM akan tetapi juga yang menyangkut kultur organisasi, etos kerja, dan persepsi dan pentingnya pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia.
3.teknologi: dapat dipastikan bahwa teknologi informasi mempunyai dampak paling kuat dan aplikasi paling beraneka ragam dalam kehidupan di masa depan.oleh karena itu seorang pemimpin harus bisa memberikan perhatian pada pengembangan pekerja pengetahuan kebijakan dalam jam kerja, dan perhatian pada hubungan manusia dengan mesin, termasuk perlunya pemahaman yang lebih mendalam tentang kaitan antara kondisi fisik tempat pekerjaan dengan produktifitas para karyawan.

literatur:
1. Kasali, Rhenald.2006. Change. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
2.Siagian, Sondang P. 2004. Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta:Bumi Aksara.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda